Canangkan Pembangunan ZI, Ka Kankemenag Selayar Bersama Rombongan Studi Terapan Di Kanwil Kemenag Bali

Bali (Humas Selayar) - Dalam upaya mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrat Bersih dan Melayani (WBBM), Tim Pembangunan ZI Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan beserta rombongan melakukan kunjungan studi terapan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Selasa (26/09/2023). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar, Nur Aswar Badulu, turut serta dalam kunjungan ini.


Kunjungan ini merupakan salah satu langkah penting dalam pencanangan pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kementerian Agama. Tim Pembangunan ZI Kemenag Sulsel, yang dipimpin oleh Hasbullah selaku Ketua Tim PZI Kanwil Kemenag Sulsel mewakili Kepala Kanwil Kemenag, menyampaikan terima kasih dan maksud tujuannya
 “Terima kasih kepada Kanwil Kemenag Provinsi Bali yang telah menerima kedatangan rombangan kami dengan sangat baik untuk melaksanakan studi terapan dalam rangka pencanangan pembangunan ZI WBK/WBBM ini. Tentunya kami berharap agar studi tiru ini memberikan pengetahuan dan wawasan lebih terkait pencanangan WBK/WBBM,” ucapnya.
Tujuan diadakannya studi terapan ini yakni mengetahui lebih mendalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel. Mengingat Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel telah mampu meraih predikat WBK di tahun 2019 dan WBBM 2022 dan predikat-predikat yang lain, sehingga dapat dijadikan motivasi serta percontohan bagi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel untuk mewujudkan Pembangunan ZI Menuju WBKdan WBBM,” lanjutnya.
Dalam sambutannya Rustiani Erwin Yuni Astiti, didampingi Ni Made Wina Maya Lestari menyampaikan profil serta inovasi-inovasi yang ada pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali kepada seluruh rombongan, juga saling berdiskusi, sharing terkait upaya yang telah dilakukan dalam mewujudkan Pembangunan ZI menuju WBK, WBBM dan Peningkatan Pelayanan. Kami berharap semoga dengan adanya studi terapan ini menjadi motivasi bagi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel untuk mampu mewujudkan Pembangunan ZI WBK/WBBM serta Meningkatkan Pelayanan ke depannya.


Saat dimintai keterangan, Ka Kankemenag Kepulauan Selayar, Nur Aswar Badulu, dalam kesempatan ini mengungkapkan apresiasi atas kerja keras Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali dalam mencapai status WBK dan WBBM. Beliau berharap kunjungan ini dapat memberikan inspirasi dan panduan praktis yang dapat diimplementasikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar.
Diharapkan bahwa kunjungan ini akan menjadi momentum penting dalam mendorong perubahan positif dan perbaikan di lingkungan Kementerian Agama. Pencapaian Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi, dan Wilayah Birokrat Bersih dan Melayani bukanlah tujuan akhir, tetapi merupakan langkah awal dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemerintah.(dp)