Kemenag Kepulauan Selayar Gelar Rakor Bahas 3 Agenda

Benteng (Humas Selayar) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar senantiasa berupaya memberikan layanan yang prima, akuntable dan moderat utamanya yang berhubungan langsung dengan masyarakat untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat (public trust).

Untuk mencapai hal tersebut, Kantor Kemenag Selayar rutin menggelar Rapat Koordinasi seperti  yang dilaksanakan hari ini di Aula Kantor Kemenag Selayar, Senin (06/11/2023) pagi. Rakor dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Nur Aswar Badulu dan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Kepala Madrasah dan Raudhatul Athfal, Bendahara serta Pengelola Program dalam lingkup kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Selayar.

Rakor yang dipandu oleh Kasubag TU, Andi Saiful Herman tersebut bertujuan untuk membahas tiga agenda, yaitu evaluasi pelaksanaan kegiatan dan realisasi anggaran tahun 2023, persiapan Hari Amal Bakti (HAB) tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar dan Propinsi, serta perkembangan  progres Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) lingkup Kantor Kemenag Kepulauan Selayar.

H. Nur Aswar Badulu dalam arahannya kepada peserta rakor menyampaikan, “Capaian realisasi anggaran untuk Kemenag Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2023 mulai dari triwulan I sampai IV sudah mencapai target. Namun hal tersebut tidak sebanding dengan impact dan peningkatan  kinerja.” Oleh karena itu, beliau berharap semua unsur satuan kerja di lingkup kantor Kemenag Kabupaten  Selayar harus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanannya serta belajar dari kekurangan-kekurangan di tahun 2023, untuk menjadi perbaikan di tahun 2024. “Jadikan kekurangan dan kesalahan kita di tahun 2023 menjadi pelajaran sehingga tidak terulang kembali di tahun 2024,” tambahnya.

Sementara untuk pembahasan rencana kegiatan HAB, berdasarkan hasil Rakor tingkat Propinsi yang diselenggarakan di Kabupaten Sinjai, kegiatan HAB di tingkat Propinsi ditunda sampai Januari tahun 2024. Sedangkan untuk kegiatan di tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar tetap akan dilaksanakan sesuai rencana. “Sesuai arahan dari Kanwil, kegiatan yang sifatnya sunnah boleh tetap kita laksanakan sambil menunggu juknis untuk kegiatan tingkat Propinsi, “ ungkap Kakankemenag.

Agenda terakhir adalah pembahasan tentang progress Zona Integritas menuju WBK dan WBBM yang disampaikan langsung oleh salah seorang penanggungjawab zona, Ahmad Muzakkir M. Menurutnya, penginputan akan berakhir di 31 Desember 2023. Jadi Masih ada waktu untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen yang diminta untuk selanjutnya diupload. “Semua penanggungjawab zona sudah melakukan penginputan. Tinggal melengkapi beberapa kekurangan di masing-masing zona. Kita masih punya waktu kurang lebih sebulan, “ ujarnya mantap.

Sebelum menutup Rakor, Kakankemenag juga mengingatkan para peserta rapat agar menjelang tahun politik tetap netral dalam menghadapi pesta demokrasi. Netral bukan berarti tidak boleh memilih atau memiliki pilihan. Tetapi harus bijak dalam menentukan pilihan tanpa menunjukkan dukungan secara terang-terangan. Selanjutnya rapat dilanjutkan dengan sisi diskusi dan ditutup tepat saat adzan Dhuhur dikumandangkan . (Sy)