Hadiri Pembukaan MTQ Ke-33 di Takalar, Ka Kankemenag Selayar Harapkan Kafilah Ukir Prestasi Gemilang

Benteng (Humas Selayar) Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar, Nur Aswar Badulu menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXXIII Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2024 yang digelar di Kabupaten Takalar tepatnya di  Alun-alun Kabupaten Takalar, Kamis malam (02/05/2024).

Kakan Kemenag Nur Aswar mengharapkan melalui MTQ ke-33 ini dapat menciptakan generasi Qur'ani memiliki akhlak yang tinggi sebagai bekal di akhirat kelak terutama bagi generasi-generasi muda di Sulawesi Selatan sesuai dengan tema MTQ tahun ini yaitu "Mewujudkan Generasi Qur'ani yang Berakhlak Menuju Indonesia Emas.” 

Terkhusus kepada Kafilah Selayar, harapannya peserta perwakilan Selayar dapat tampil maksimal dan kembali membawa pulang juara dan mengukir prestasi gemilang.

Kesempatan yang sama juga hadir Kepala Seksi Bimas Islam, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah, Kasi Penzawa, dan Kasi PD Pontren dan para official Selayar menyemarakkan event tersebut dengan semangat yang menyala.

Dalam pantauan Humas Selayar, acara pembukaan MTQ berlangsung meriah dengan diawali pembukaan oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin dan secara simbolis dengan pemukulan bedug sebagai tanda dimulainya MTQ Ke-33 tahun 2024.

Pihaknya mengatakan bahwa pada pelaksanaan MTQ kali ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi antar kafilah yang mengikuti MTQ ke-33 tingkat Provinsi Sulsel. Menurutnya, kegiatan MTQ ini banyak mengambil peran, utamanya dalam membumikan Al-Qur'an.

Sementara Kakanwil Kemenag Sulsel Muh. Tonang mengajak seluruh peserta untuk memandang MTQ bukan hanya sebagai sebuah acara rutin, melainkan sebagai suntikan energi bagi umat Islam di Sulawesi Selatan untuk membumikan Al-Qur'an dalam dunia nyata dan kehidupan sehari-hari seorang muslim.

"Kita semua tentu berharap agar MTQ ke-33 ini menjadi salah satu sumber kesejukan dan sumber melimpahnya ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah" harapnya.

Sekedar informasi, pada festival rutin dua tahun sekali ini diikuti 24 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan dengan menurunkan para qori qoriah terbaiknya. Khusus Kabupaten Kepulauan Selayar menurunkan 37 peserta terbaiknya dengan mengikuti 7 (tujuh) cabang lomba dari 8 (delapan) cabang yang dilombakan. Festival keagamaan ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan melahirkan kader-kader MTQ Banua dan menggapai prestasi tidak hanya di tingkat nasional namun juga di tingkat internasional. (na)