Terjun Ke Desa Wisata, Penyuluh Agama Islam Kemenag Kepulauan Selayar Laksanakan Kampanye WHO 2024

Benteng (Humas Selayar) - Kampanye Mandatory WHO (Wajib Halal Oktober) Tahun 2024 di Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar sukses digelar oleh para Penyuluh Agama Islam Kab. Kepulauan Selayar secara serentak di 6 titik lokasi desa wisata pada hari Sabtu (4/5/2024).

6 titik lokasi desa wisata yang dikunjungi oleh para Penyuluh Agama Islam yang juga bertugas sebagai Pendamping Proses Produk Halal (PPPH) diantaranya adalah Puncak Tanah Doang Desa Bontorannu Kecamatan Bontomanai, Batu Lohe Desa Balangbutung Kecamatan Buki, D'Marta Desa Tombangangia Kecamatan Bontosikuyu, A'dingin-dingin Desa Bontolempangan Tenro Kecamatan Buki, Punagaan Desa Patilereng Kecamatan Bontosikuyu, dan Bontolebang Desa Gusung Kecamatan Bontoharu.

Aksi Sinergi Wajib Halal Oktober (WHO) 2024 ini merupakan program Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan melakukan Pendampingan Sertifikasi Halal kepada para Pelaku Usaha yang ada di desa wisata sekaligus bertujuan untuk mendorong destinasi wisata Moslem Friendly Tourism and Indonesian Moslem Travel Index.

Kegiatan kampanye yang digelar ini dalam rangka untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa sejak 17 Oktober 2024 produk makanan, minuman dan jasa penyembelihan dan hasil penyembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman wajib bersertifikasi halal.

Para Penyuluh Agama Islam yang bertugas dalam kampanye ini menyatakan siap memfasilitasi dan mendampingi proses penerbitan sertifikat halal produk untuk para pelaku usaha. Masyarakat dan pelaku usaha pun memberikan sambutan hangat terhadap kampanye ini, menyatakan dukungan mereka untuk upaya menjaga integritas produk halal yang mereka dagangkan.

Kepala Desa Balang Butung yang menjadi salah satu titik lokasi dalam kampanye ini berharap dengan adanya Penerbitan Sertifikat Halal bagi pelaku usaha bisa meningkatkan kapasitas perekonomian masyarakatnya. “Kami sangat mengapresiasi dengan kedatangan para penyuluh ini untuk mensosialisasikan penerbitan sertifikat produk halal, kedepannya semoga dengan adanya Penerbitan Sertifikat Halal, bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa kami” tutur Muslimin.

Hartawati, selaku Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kabupaten Kepulauan Selayar memberikan apresiasi kepada para Penyuluh Agama Islam yang telah melaksanakan amanah untuk mengkampanyekan kepada masyarakat menganai Wajib Halal Oktober 2024 “Alhamdulillah berkat kerja keras para penyuluh sehingga kampanye Wajib Halal Oktober tahun 2024 di 6 titik lokasi desa wisata yamng ada di Kabupaten Kepulauan Selayar berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan, meskipun kami tidak bisa mendampingi secara langsung karena sedang mengikuti kegiatan MTQ XXXIII 2024 tingkat Provinsi Sulawesi Selayar, namun seluruh penyuluh Agama Islam yang diberikan amanah untuk melakukan kampanye, telah melaksanakan tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab. Terima kasih kami ucapkan kepada teman-teman penyuluh” ujarnya.