Bangun Harmoni Kebangsaan, FKUB Selayar Gelar Dialog Keagamaan bagi Penggerak Moderasi Beragama

Benteng (Humas Selayar) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Dialog  Keagamaan bagi Penggerak Moderasi Beragama untuk membangun harmoni kebangsaan, Sabtu (20/04/2024) bertempat di Aula Kantor Kemenag Selayar.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kabag TU Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulsel, Kepala Kantor Kemenag Selayar, Kasubag TU, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA Kecamatan, Pembina FKUB dan para Pengurus FKUB.

Kabag TU Kanwil Ali Yafid saat memberikan sambutan menerangkan bahwa Kementerian Agama memiliki 7 program prioritas, di antaranya Moderasi Beragama dan Tahun Toleransi. Untuk itu, beliau berharap agar dialog keagamaan dapat terus dilakukan sebagai upaya memperkuat moderasi beragama.

Tujuan dialog ini guna memperkuat moderasi beragama yang dasarnya untuk mewujudkan masyarakat Selayar beragama, mewujudkan ketenteraman, toleransi dalam kehidupan beragama serta mewujudkan kesejahteraan umat manusia. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kemenag Selayar Nur Aswar.

"Dialog dilakukan untuk mencari kesamaan di antara sesama dan belajar untuk menciptakan masyarakat yang lebih toleran dan mengedepankan keharmonisan dalam masyarakat beragama" ucapnya.

Nur Aswar juga menyampaikan bahwa moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan. Penguatan moderasi beragama akan tercermin dari bagaimana kehidupan bermasyarakat, dan mampu menunjukan contoh tauladan yang baik sehingga membawa pengaruh yang luar biasa bagi sikap dan perilaku seluruh masyarakat untuk menjunjung toleransi.

Diakhir sambutan, beliau mengungkapkan toleransi merupakan hal yang perlu untuk dijaga dan diterapkan di tengah kemajemukan yang luar biasa. Harapannya, implementasi moderasi beragama ini menjadi spirit bagi kita semua dalam melayani seluruh masyarakat Indonesia dalam kehidupan beragama. (na)

​​​​