Gelar Rakerda 2024, Ka KanKemenag Selayar Harap Hasilkan Rencana Aksi yang Inovatif

Benteng (Humas Selayar) Dalam rangka memantapkan langkah strategis aksi kinerja di tahun berjalan 2024, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) pada hari Sabtu (20/04/2024) bertempat di Aula Kemenag Selayar.

Kegiatan Rakerda diawali dengan Penandatanganan Pakta Integritas Komitmen Kinerja Tahun 2024 yang kemudian dibuka secara resmi oleh Kabag TU Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ali Yafid.

Rakerda merupakan moment untuk mengevaluasi program kerja tahun sebelumnya, serta untuk merencanakan dan menyusun program kerja dan kegiatan kedepannya, dengan meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam pelayanan kepada umat. Hal ini diungkapkan Nur Aswar, Kepala Kantor Kemenag Selayar saat memberi arahan.

"Merupakan moment yang berharga, dimana kita dapat bersama-sama mengevaluasi dan merumuskan langkah-langkah strategis dan rencana aksi komitmen kinerja yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan.  Dan pada evaluasi ini diharapkan dapat menghasilkan gagasan serta pemikiran-pemikiran yang inovatif serta terkonsep secara jelas dalam meningkatkan kinerja" jelasnya.

Adapun Rakerda tahun 2024 ini dilakukan pembahasan dengan dibagi menjadi 3 (tiga) komisi yaitu Komisi Layanan Keagamaan, Komisi Tata Kelola Pemerintahan, dan Komisi Layanan Pendidikan Keagamaan. Dimana tiap-tiap komisi membahas berbagai hal menyangkut peningkatan kinerja instansi, baik program-program rencana aksi dan tujuannya, strategi pencapaian, target waktu pelaksanaan dan penanggungjawab.

Hal ini dimaksudkan untuk mengintegrasikan serta menyelaraskan program kerja, sosialisasi kebijakan penguatan serta penyatuan visi misi tujuan dan sasaran.

"Saya berharap Rakerda ini dapat menjadi salah satu sarana dalam menggagas program kerja yang aplikatif, dapat diimplementasikan sebagai aksi nyata yang bermanfaat, bersama-sama menggodok, merealisasikan program-program kegiatan yang telah disusun demi peningkatan pelayanan terhadap masyarakat" tambahnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian hasil rumusan program-program rencana aksi yang telah dijabarkan di tiap komisi.

Penyampaian hasil rumusan komisi A (Layanan Keagamaan) dilakukan oleh Hartawati, Kasi Bimas islam. Selanjutnya penyampaian hasil rumusan komisi B (Tata Kelola Pemerintahan) oleh Andi Saiful Herman, Kasubag TU. Dan yang terakhir dari komisi C (Layanan Pendidikan Keagamaan) yang dalam hal ini penyampaian hasil rumusan dilakukan oleh Firman, Kasi Pendidikan Madrasah.

Acara kemudian ditutup dengan penyerahan hasil Rakerda tahun 2024 oleh Kepala Kantor Kemenag Selayar Nur Aswar kepada masing-masing ketua Komisi.

“Melalui Rapat kerja derah ini, semoga program rencana aksi yang telah kita susun bersama dapat diimplementasikan sebagai aksi nyata" tutupnya. (na)