Gelar Ujian Munaqasyah, Kasi PD Pontren Kemenag Selayar Harap Hasilkan Generasi Qur'ani

Benteng (Humas Selayar) Kasi PD Pontren Hj. Suriani bersama stafnya melakukan Tes Ujian Munaqasyah yang dilaksanakan di MIS Babul Rahmah Dongkalang Kepulauan Selayar pada Senin (22/04/2024).

Ujian munaqasyah ini merupakan salah satu syarat kelulusan bagi siswa-siswi kelas 6 yang ingin memasuki Sekolah Menengah Pertama, dan untuk mengetahui sejauh mana siswa-siswi mempelajari dan mengamalkan Baca Tulis Al-Qur'an.

"Kegiatan ini adalah ujian untuk menilai keterampilan dan kecakapan siswa, jika dianggap lulus berarti bacaan sudah sesuai dengan standar ilmu dan ini harus diulang setiap hari" ungkap Suriani.

Dalam kesempatannya juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangatlah penting karena kedepannya peserta didik inilah yang kita harapkan bisa menjadi generasi yang akan membumikan Al-Qur'an.

Karena itu, beliau berharap agar para peserta didik dapat terus mengasah kemampuan ilmu agamanya. Menurutnya, dengan mempelajari ilmu agama ini bisa menjadi bekal untuk peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Kami berharap semoga peserta ujian bisa lulus sesuai dengan yang kita harapkan. Hasil dari ujian munaqasyah tersebut merupakan salah satu syarat agar bisa memasuki sekolah tingkat atas" tambahnya.

Adapun tes ujian yang diikuti oleh para siswa adalah tes tertulis, praktik membaca Al-Quran beserta tajwidnya, praktik sholat, tes hafalan surah dan do'a harian. Pada tes kali ini, diketahui sebanyak 6 siswa MIS Babul Rahmah Dongkalang yang mengikuti ujian. (na)