Jelang Penilaian Awal Zona Integritas, Kemenag Selayar Gelar Rapat Persiapan

Benteng (Humas Selayar) Menjelang penilaian awal menuju Zona Integritas (ZI), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar rapat persiapan di ruangannya pada Selasa, (16/01/2024).

Hadir dalam rapat yang digelar tertutup tersebut Kepala Sub Bagian Tata Usaha, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, serta anggota tim Zona Integritas pada Kantor Kemenag Kepulauan Selayar. Agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah persiapan penilaian awal, yang mencakup persiapan tim yang akan diwawancarai terkait penilaian ZI, kelengkapan bukti-bukti dan dokumen pendukung, serta kesiapan sarana dan prasarana untuk Zoom Meeting, antara lain tempat pelaksanaan penilaian, operator dan ketersediaan jaringan internet. 

Penilaian awal menuju Zona Integritas pada Kantor Kemenag Kepulauan Selayar, rencananya akan dilaksanakan pada Jumat (19/01/2024) mendatang secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Kakankemenag Kepulauan Selayar, H. Nur Aswar menjelaskan tentang mekanisme penilaian yang diawali dengan pemaparan tentang gambaran teknis, langkah dan alur pembangunan zona integritas oleh masing-masing koordinator tim di setiap zona. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab secara langsung. Pada sesi tersebut, setiap tim harus mempersiapkan bukti atau dokumen penunjang yang sewaktu-waktu mungkin dibutuhkan oleh penilai.

“Menghadapi penilaian awal ini, kita harus mempersiapkan tim di masing-masing zona yang akan memaparkan tentang gambaran teknis, langkah dan alur pembangunan zona integritas. Setelah itu akan ada sesi tanya jawab dengan penilai yang mungkin membutuhkan dokumen atau bukti pendukung.” jelasnya.

“Selain persiapan dari tim di setiap zona, kita juga harus mempersiapkan sarana dan prasarana untuk zoom meeting seperti tempat yang memadai, perangkat komputer termasuk operator dan jaringan internet,” tambahnya.

Beliau berharap, dengan dukungan dan kerjasama semua tim ZI, penilaian awal ini nantinya akan memberikan nilai yang maksimal serta tambahan wawasan untuk mempersiapkan diri menghadapi penilaian tahap selanjutnya.

Sekedar informasi, Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi , khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas layanan publik. (Sy)