Kakankemenag Selayar : Nuzulul Quran Jangan Sekedar Seremoni Belaka

Layolo (Humas-Selayar) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar H. Nur Aswar Badulu menyatakan bahwa Peringatan Nuzulul Quran jangan hanya sekedar seremoni belaka. Hal tersebut beliau ungkapkan saat membawakan sambutan sekaligus hikmah Nuzulul Quran pada acara peringatan malam Nuzulul Quran yang dilaksanakan oleh MIN 2 Kepulauan Selayar, pada Sabtu, (30/03/2024) yang lalu.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan penutupan Semarak Ramadhan tersebut dilaksanakan di masjid Al-Mujahidin Dusun Bahorea dan turut dihadiri oleh  Kepala Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Kepuluan Selayar, Kepala Desa Binanga Sombaiya, para Imam Dusun, guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa dan masyarakat sekitar. Dalam hikmah Nuzulul Quran, H. Nur Aswar mengungkapkan bahwa peringatan malam Nuzulul Quran hendaknya menjadi momentum bagi kita untuk mampu mengejawantahkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama.

Pada kesempatan yang sama, kepala MIN 2 Kepulauan Selayar, Alham El-Mathur juga menyampaikan bahwa kegiatan peringatan malam Nuzulul Quran kali ini sekaligus dirangkaikan dengan penutupan Semarak Ramadhan yaitu Safari Ramadhan Dai Cilik, yang merupakan program Mercusuar MIN 2 Kepulauan Selayar. Menurutnya, kegiatan yang berlangsung selama 4 (empat) malam tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan para peserta didik, baik dari aspek intelektual, emosional maupun spiritual. Beliau juga berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun yang akan datang dan  menjadi nilai jual bagi MIN 2 Kepulauan Selayar.

Di akhir acara, Kakankemenag Kepulauan Selayar yang menutup kegiatan tersebut juga membagikan paket sembako kepada kaum dhuafa di Dusun Bahorea sebagai bagian dari kegiatan Kolaborasi Penuh Cinta yang diselenggarakan oleh Kemenag Kepulauan Selayar bekerja sama dengan Baznas. (Sy)