Perkenalkan Program BIJAK, Kepala KUA Buki bersama Penyuluh Agama Islam Kunjungi Desa Bontolempangan

BUKI (Humas Selayar) Kantor Urusan Agama (KUA) Buki memiliki salah satu program unggulan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan telah diresmikan bersamaan dengan launching-nya KUA Kecamatan Buki sebagai Piloting Program Revitalisasi oleh Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Menteri Agama periode 2019-2023, pada hari Ahad, 6 November tahun 2022 yang lalu. Program ini ringkasnya disebut sebagai BIJAK, akronim dari Bina Remaja Berakhlak (BIJAK).

Hari ini, Selasa (13/02/2024) Kepala KUA Kecamatan Buki, Muhammad Usman bersama Ibu Kasmarani (Penyuluh Agama Islam Kecamatan Buki) berkunjung ke Desa Bontolempangan untuk melakukan pembinaan kepada remaja-remaja di Masjid Hablumminalloh Desa Bontolempangan, Kecamatan Buki. 

Mengawali acara, Usman memberikan pembekalan awal dengan memotivasi remaja agar senantiasa meniru akhlak Muhammad Rasulullah SAW sebagai teladan terbaik sepanjang zaman. Kiranya dengan menjadikan beliau idola dapat menginspirasi remaja untuk memiliki pemahaman keagamaan yang benar dan membentuk karakter generasi muda yang berakhlakul karimah, terutama dalam menghadapi era informasi dan kemajuan teknologi yang banyak mempengaruhi pola pikir remaja.

"Orang tua hendaknya merasa khawatir ketika meninggalkan remaja yang lemah dari aqidah dan juga lemah dari segala hal, sebagaimana Al-Qur'an mengingatkan kita. Sehingga hendaknya orang tua memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan generasi muda Islam yang beriman dan bertakwa, dan KUA berusaha membantu kekhawatiran tersebut dengan membuat program BIJAK atau Bina Remaja Berakhlak," imbuhnya.

Sekedar informasi, Program BIJAK ini tidak hanya membidik remaja-remaja masjid, tetapi juga membidik remaja di lingkungan sekolah, misalnya di SMA Negeri 8 Selayar yang kerap dikunjungi selama 1-2 kali dalam sebulan. (mu)